8 Tips Wisata Kuliner Hemat Ngga Bikin Kantong Jebol

8 Tips Wisata Kuliner Hemat Ngga Bikin Kantong Jebol

Posted on

Ketika liburan, ada begitu banyak hal yang bisa kita lakukan. Mulai dari menikmati panorama alam yang indah, mengunjungi tempat wisata yang seru dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun ada satu hal yang tak boleh kalian lewatkan ketika sedang berlibur, yaitu mencicipi makanan khas dari tempat-tempat yang sedang kalian kunjungi.

Khususnya setiap daerah di Indonesia akan memiliki berbagai macam kuliner khas dengan cita rasa yang sangat lezat dan sayang apabila kalian lewatkan.

Panduan Berwisata Kuliner Anti Boncos

Nah mungkin banyak dari kalian yang berpikir bahwa berwisata kuliner itu akan membuat kantong kita jebol. Padahal jika kalian tahu tips wisata kuliner maka semuanya bisa dilakukan dengan budget yang hemat.

Sehingga bisa membuat pengeluaran uang untuk liburan kalian menjadi lebih terkontrol. Apa yang kalian butuhkan adalah perencanaan yang matang untuk membuat kegiatan wisata kuliner bisa berjalan dengan lancar.

1. Lakukan Survey Dulu

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum berwisata kuliner tentu saja melakukan survey terlebih dahulu. Cari tahu apa saja makanan khas dari daerah yang menjadi destinasi liburan kalian nantinya.

Kalian bisa cek berbagai artikel yang ada di internet ataupun kelaswisata.id untuk menemukan referensi yang bagus. Kalian juga bisa mencari informasi terkait dengan harga-harga dari makanan tersebut.

2. Siapkan Budget Kalian

Selanjutnya kalian bisa mulai menyiapkan budget yang akan digunakan untuk berburu kuliner. Tak perlu dalam jumlah yang banyak, sesuaikan dengan kemampuan kalian masing-masing.

Setelah tahu berapa budget maksimal yang bisa kalian keluarkan, maka selanjutnya tinggal rencanakan penggunaannya. Kalian bisa susun daftar kuliner yang ingin dicoba sesuai dengan budget yang ada.

3. Cek Review Makanan

Untuk memastikan makanan yang akan kalian coba memiliki rasa yang bisa memuaskan lidah, kalian bisa cek reviewnya melalui layanan online.

Banyak dari restoran, cafe atau tempat makan yang memiliki rating dan feedback yang bagus dari konsumen. Sehingga bisa menjadi jaminan bahwa kuliner yang disajikan juga lezat.

4. Tanya Harga Sebelum Beli

Nah meskipun mungkin kalian sebelumnya sudah cek harga melalui layanan online, sebelum memutuskan untuk beli sebaiknya bertanya secara langsung terlebih dahulu.

Karena ada begitu banyak wisatawan yang biasanya merasa terkecoh karena harga yang ditawarkan secara online berbeda dari yang aslinya.

Sehingga untuk menghindari hal tersebut terjadi pada kalian, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu soal harganya pada penjual. Setelah setuju, kalian baru bisa langsung membelinya.

5. Berburu Diskon dan Promo

Apabila kalian ingin lebih menghemat anggaran dan budget yang terbatas, bisa juga dengan berburu paket diskon dan promo yang tersedia.

Khususnya melalui layanan online biasanya ada banyak promo dan potongan harga yang bisa kalian dapatkan. Jadi bisa lebih menghemat pengeluaran anggaran kalian dan tidak bikin kantong cepat jebol.

6. Bawa Air Minum Sendiri

Salah satu tips bermanfaat lainnya untuk menghemat budgete ketika sedang berwisata kuliner adalah dengan membawa botol minuman sendiri.

Dengan begitu, kalian pun tak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli air mineral. Jadi bisa lebih hemat dan juga sehat karena air yang kalian bawa dari rumah.

7. Coba Streed Food

Untuk yang menginginkan pengalaman mencicipi berbagai macam kuliner lezat dengan harga yang terjangkau, maka streed food bisa jadi salah satu pilihan terbaik.

Karena biasanya kuliner yang dijajakan di pinggir jalan memiliki harga yang jauh lebih murah daripada di cafe atau restoran. Namun kalian juga harus tetap memperhatikan dari segi kebersihannya ya.

8. Cicipi Dalam Porsi Kecil

Karena tujuan kita untuk berwisata kuliner adalah mencicipi banyak ragam makanan, maka sebaiknya tidak makan dalam porsi yang besar. Karena hal tersebut akan membuat kita cepat kenyang dan malah tak bisa mencicipi kuliner lainnya nanti.

Culup makan dalam porsi yang kecil saja untuk memuaskan lidah kita akan ragam variasi kuliner yang unik. Setelah itu, kalian bisa berpindah untuk menikmati berbagai jajanan makanan lain yang tak kalah lezat.

Demikian beberapa tips trik untuk berwisata kuliner agar tetap hemat dan tidak bikin isi kantong terkuras. Kalian bisa mencicipi berbagai macam makanan yang lezat namun tetap hemat. Semoga informasi diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *